RSS

Sunday, September 5, 2010

PARIS VAN JAVA


Paris Van Java

Morfologi kota merupakan ilmu yang mempelajari suatu bentuk fisik kota. Meliputi perubahan dan perkembangan dari suatu kota. Apabila akan merancang dan melakukan revolusi kota pun, maka kita perlu menilik lebih dalam perkembangan kota melalui salah satunya melalui morfologinya. Tentu, setiap kota memiliki morfologi yang berbeda dan unik tergantung pula dari letak geografisnya.
Seperti halnya Kota Bandung. Memang benar apa yang dikatakan bahwa Kota Bandung telah mengalami berbagai masalah penataan ruang kota khususnya penataan lalu lintas, terbangunnya outlet-outlet, cafe, restoran, toko-toko oleh-oleh khas Bandung yang telah tersebar meluas dan terkadang tanpa mereka membangun tanpa memperhatikan luasan untuk lahan parkir, sehingga pantas saja apabila hal ini menimbulkan masalah kemacetan di Kota Bandung itu sendiri.
Walaupun Kota Bandung memiliki permasalahan seperti yang telah disebut di atas, dalam 5 tahun belakangan ini Kota Bandung menjadi obyek wisata terutama untuk orang-orang Jakarta. Orang-orang Jakarta yang semula apabila berlibur pada hari Sabtu dan Minggu bersama keluarga ke Puncak, maka sekarang mereka berpindah tujuan menuju Kota Bandung. Dengan didirikannya outlet-outlet, cafe, restoran, dan toko-toko oleh-oleh khas Bandung menjadi trend baru bagi orang-orang Jakarta untuk berbelanja dan didukung pula dengan adanya apartemen, maka mereka pun akan lebih leluasa dalam menghabiskan waktu liburan bersama keluarga di kota ini. Hal ini menyebabkan meningkatnya perekonomian masyarakat Bandung dan pendapatan daerah Bandung. Selain itu secara tidak langsung, outlet-outlet yang ada seperti di Jalan Dago dan Jalan Riau dapat meneguhkan kota Bandung kembali menjadi Paris Van Java yaitu kota Mode, yang dulu sebenarnya julukan Mode itu telah ada dan sempat tenggelam dalam masa yang cukup lama.
Apabila menilik tentang didirikannya apartemen ini, timbullah dampak positif yaitu didirikannya apartemen akan mengurangi pembelian sawah. Dengan adanya apartemen ini juga akan menjadi trend baru bagi para orang-orang kalangan elite yang sebelumnya membeli lahan sawah untuk didirikan rumah atau tempat tinggal maka mereka sekarang lebih memilih membeli apartemen, disebabkan lebih efektif, efisien, dan strategis dalam pemanfaatannya.
Baru-baru ini juga Kota Bandung telah melakukan pembaharuan tentang lalu lintasnya yaitu dengan penambahan jalur sepeda. Adanya jalur sepeda sebagai bukti bahwa kota ini sangat menghormati orang yang bersepeda. Walaupun telah dikatakan banyaknya lahan terbuka dan taman-taman kota yang telah beralih fungsi, akan tetapi bersepeda di kota ini pun sangat nyaman, karena masih dilestarikannya pohon-pohon berakar kuat dan besar seperti di Jalan Cipaganti, Jalan Cihampelas, dan Jalan-jalan di sekitar Gedung Sate menyebabkan suasana rindang bagi para pengguna sepeda. Bahkan apabila terjadi penebangan pohon di Kota Bandung akan menjadi suatu pemandangan yang aneh bagi masyarakat kota ini, mengingat hal ini sangat jarang dilakukan.
Apabila dikatakan kota Bandung ini melakukan pendekatan sebagai kota ecopolis yaitu mengutamakan konservasi energi dan pelestarian keseimbangan ekologis terlihat dari pelestarian pohon-pohon sebagai jalur hijau di pertengahan kota dan diadakannya carfree day (yang menyebabkan bebas polusi) pada hari tertentu, untuk pendekatan sebagai Humanopolis yaitu pembangunan perkotaan oleh segenap manusia akan terlihat dari pembangunan yang melihat kebutuhan hidup pada masyarakatnya, dan untuk pendekatan Technopollis sebagai kota modern melalui bangunan-bangunan tinggi yang didirikan, seperti mall, apartemen, outlet, dsb. Ketiga cara pendekatan ini sedang dilakukan untuk perkembangan Kota Bandung dan tentu hal ini perlu diperhatikan agar perkembangan dan perubahan yang dilakukan dalam penataan ruang kota khususnya Kota Bandung seimbang.



http://www.gagasmedia.com/iptek/penulis/membangun-bandung-secara-ecopolis-humanopolis-dan-technopolis.html

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright Vianitya 2009. Powered by Blogger.Designed by Ezwpthemes .
Converted To Blogger Template by Anshul .